Study Kasus Analisis Regresi

Assalamu’alaikum wr.wb.

Sobat muda Indonesia, alhamdulillah, saya masih dipercaya untuk bisa membantu teman-teman dalam penulisan penelitian. Seorang muda berkarya, Bapak Ajeh, dalam sebuah komentar, menyatakan beberapa pertanyaan yang saya kutip langsung dari komentar beliau seperti ini:

assalamualaikum, maaf nama saya ajeh. saya mau tanya, saya punya penelitian pengaruh kompetensi guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas organisasi sekolah. setiap variabel menggunakan dua jenis sampel yaitu guru dan siswa. kuisoner yang saya berikan pada guru berbeda dengan siswa. bagaimana cara menganalisisnya ya pak? mohon bantuannya sekali, terima kasih. walaikum salam.

Terima kasih atas kepercayaan Pak Ajeh atas pertanyaannya.

Hmmm... lumayan berat ni pertanyaannya. But, semoga dengan ridho Allah saya bisa sedikit memuaskan dahaga atas keingintahuan Pak Ajeh.

Pertama: Tinjauan Jenis Penelitian dan Variabel yang Berperan
Secara sederhana saya melihat ada tiga variabel dalam penelitian tersebut. Variabel tersebut adalah Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Efektifitas Organisasi Sekolah. Variabel independen dalam penelitian tersebut terdiri atas (1) Kompetensi Guru, dan (2) Kepemimpinan Kepala sekolah. Sedangkan, variabel dependent dalam penelitian tersebut adalah Efektifitas Organisasi Sekolah.

Jenis penelitian yang dapat digunakan dalam penelitian tersebut adalah penelitian kuantitatif, artinya pengambilan simpulan didasarkan pada hasil analisis data dengan menggunakan statistika. Data yang diperoleh adalah data kualitatif yang teah dikuantitatifkan melalui instrumen bernama angket.

Kedua: Tinjauan Pengujian Hipotesis Penelitian
Hipotesis penelitian yang berjudul pengaruh biasanya akan diuji dengan menggunakan regresi. Analisis regresi yang digunakan dalam penelitian ini semestinya tidak sederhana, karena persamaan regresinya berupa sebagai berikut:

Y = a + bX1 + cX2

Hal tersebut karena terdapat dua variabel independen X1 (Kompetensi Guru) dan X2 (Kepemimpinan Kepala Sekolah). Karena bukan analisis regresi sederhana, ada beberapa syarat untuk melakukan analisis regresi tersebut, yaitu:
  1. Uji multikolinearitas (untuk mengetahui adakah hubungan antara X1 dan X2)
  2. Uji heterokedastisitas (untuk mengetahui keakuratan prediksi dari persamaan yang terjadi)
Ketiga: Tinjauan Instrumen Penelitian
Sampel penelitian adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Menurut saya tidak masalah apakah kuesioner akan diberikan ke siswa atau ke guru. Asalkan syarat kuesioner tersebut dipenuhi, yaitu Valid dan Reliabel.

Keempat: Pertanyaan Saya Atas Judul Penelitian Pak Ajeh.
Ada beberapa pertanyaan saya terkait dengan judul penelitian tersebut di atas, yaitu:
  1. Jelas kompetensi guru dapat diukur dengan menggunakan kuesioner dan instrumen data yang akurat, pertanyaan saya, bagaimana mengukur kepemimpinan kepala sekolah?
  2. Apakah yang dimaksud dengn fektifitas organisasi sekolah? Bagaimana mengukur efektifitas oraganisasi sekolah?
  3. Bagaimana dengan sampel penelitian yng berlaku? Dalam penelitian tersebut jelas disampaikan bahwa kuesioner diberikan ke guru dan siswa, bagaimana populasi penelitian yang ada? Bagaimana pemilihan sampel atas gurudan siswa tersebut?
Nah, rasanya itu saja yang saya mampu, dengan ridho Allah semoga jawaban tersebut dapat membantu. Bagaimanapun, jika ada kebenaran atas jawaban tersebut itu hanya karena Allah, dan jika ada kesalahan atas jawaban tersebut, maka itu adalah kesalahan saya.

Terima kasih, semoga dapat membantu.
Wassalamualaikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment